Yayasan Murti Bunanta & KPBA Mendapat Nominasi Untuk The Astrid Lindgren Memorial Award 2010

Swedish Arts Council penyelenggara The Astrid Lindgren Memorial Award dalam situsnya pada tanggal 19 September 2009 mengumumkan sebanyak 168 kandidat dari 60 negara telah masuk nominasi untuk The Astrid Lindgren Memorial Award 2010 (ALMA 2010).

ALMA adalah sebuah penghargaan di bidang bacaan anak dan remaja yang merupakan penghargaan International terbesar di bidang tersebut. Pemenang penghargaan akan mendapatkan hadiah SEK 5 Million atau setara dengan kurang lebih USD 553.000. ALMA, diberikan setiap tahun sejak tahun 2002 oleh pemerintah Swedia untuk mengenang dan menghomati pengarang bacaan anak, Astrid Lindgren. Penghargaan ini di berikan kepada pengarang, illustrator, pendongeng serta penggerak minat baca dari seluruh dunia atas karya-karya dan usahanya. Tujuan penghargaan ini adalah untuk memperkuat dan meningkatkan hak-hak anak secara global.

Pemenang ALMA dipilih oleh sekelompok juri berdasarkan nominasi dari badan-badan yang terpilih di seluruh dunia. Para juri ini memiliki latar belakang beragam di bidang bacaan anak dan remaja International; sebagai pengarang, peneliti, kritikus sastra, illustrator, dan pustakawan. Untuk nominasi tahun 2010, ada sebanyak 36 Institusi dari penggerak minat baca menjadi kandidat termasuk dua diantaranya dari Indonesia, Yayasan Murti Bunanta dan Kelompok Pencinta Bacaan Anak.

Pemenang ALMA 2010 akan diumumkan pada tanggal 24 Maret 2010 pada pukul 13.00 setempat di kota Vimmerby, tempat kelahiran pengarang dunia Astrid Lindgren. Penyerahan penghargaan akan di selenggarakan pada bulan Juni 2010 di kota Stockholm dan akan dihadiri oleh H.R.H Crown Princess Victoria of Sweden dan Menteri Kebudayaan Swedia. Acara ini terbuka untuk umum.

 
  • September 20, 2009
  • News

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


×


×