Donasi Buku KPBA-IBBY untuk Daerah Merapi

Tanggal 5 Maret 2011 tim KPBA kembali menyerahkan sumbangan buku untuk daerah bencana. Kali ini sebanyak 70 paket buku kami tujukan kepada berbagai sekolah, sanggar dan komunitas baca yang terkena dampak erupsi gunung Merapi. Ada lebih dari 2200 eksemplar buku kemasan luks dalam dua bahasa yang dapat digunakan untuk anak-anak, mulai dari anak prasekolah (PAUD), TK, SD, SMP sampai SMA. Sumbangan buku KPBA ini juga mendapatkan dukungan dari International Board on Book for Young People (IBBY).

Bekerja sama dengan SOS Desa Taruna, tim KPBA yang terdiri dari Ibu Murti Bunanta, Dina, Ika, Anik dan Tetty dipertemukan dengan para penerima sumbangan buku. Serah terima sumbangan ini berlangsung di Aula Harun Hadiwijono, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. Selain para guru perwakilan sekolah dan perwakilan dari yayasan Karina yang menerima sumbangan buku, hadir pula pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta perwakilan Dinas Sosial setempat.

Tidak ketinggalan, sekitar 30-an anak dari beberapa sanggar yang dinaungi SOS, turut memeriahkan acara dengan pentas tarian, nyanyian, dan musikalisasi puisi. Tidak hanya tampil, anak-anak juga terlibat aktif dalam dongeng yang dibawakan oleh tim KPBA. Ada tiga dongeng yang kami tampilkan, yaitu dari Indonesia (Sumatera Utara), Argentina dan Persia. Dalam ketiga dongeng dari belahan dunia yang berbeda itu, anak-anak dengan penuh semangat ikut ambil bagian dan tidak segan-segan berperan.

Setelah mendongeng, tim KPBA melanjutkan acara dengan pelatihan untuk para guru dan relawan SOS. Dalam pelatihan ini para guru belajar cara mempergunakan buku untuk meningkatkan minat baca anak dan cara bercerita yang baik. Guru juga dapat menjadikan cerita sebagai pintu masuk yang menarik untuk memperluas dan mendukung kurikulum sekolah. Para guru bukan hanya mendapatkan bekal teori, melainkan juga langsung mempraktikkan cara bercerita, baik dengan maupun tanpa alat peraga. Para guru juga sempat berdiskusi agar cerita mereka dapat dihayati oleh anak, tanpa kesan menggurui dan menjejali anak dengan nasihat-nasihat belaka.

Acara penyerahan sumbangan buku KPBA-IBBY untuk daerah Merapi ini berakhir dengan harapan bahwa benih minat baca yang sudah ditaburkan kini dapat berbuah di masa depan.

Berikut kami sajikan beberapa foto yang terekam dalam kamera kami:

 
  • March 6, 2011
  • News

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


×


×