Seminar dan Lokakarya “Go International through Picture Book”, 23-24 Mei 2011

Pada tanggal 23-24 Mei 2011 lalu, KPBA kembali menyelenggarakan seminar dan lokakarya yang mengusung topik mengenai bacaan anak, khususnya buku cerita bergambar. Ini adalah salah satu wujud komitmen KPBA terhadap visi dan misinya yaitu mengembangkan bacaan anak sebagai partisipasi usaha mencerdaskan bangsa. kali ini tema besar yang diambil ialah “Go International through Picture Book”, yang difokuskan menjadi 2 subtema yaitu “International Trend in Children’s Book Publishing” untuk seminar dan “Making and Selecting Quality Picture Book” untuk lokakarya.

Adapun peserta yang hadir berasal dari beragam profesi. Mulai dari penulis, ilustrator, editor, mahasiswa, dosen, pustakawan, pelajar SMA, karyawan, ibu rumah tangga sampai pemuka agama. Sejumlah mahasiswa sengaja dikirim oleh universitasnya. Sementara beberapa editor dan ilustrator/desainer grafis dikirim oleh perusahaan-perusahaan penerbit tempat mereka bernaung. Total peserta seminar dan lokakarya ini mencapai lebih dari 100 orang.
Acara ini merupakan hasil kerjasama antara KPBA dengan INABBY (Indonesian Board on Books for Young People), IBBY (International Board on Books for Young People), penerbit Grasindo, Dexa Medica, Dharma Dexa dan juga Titan Center, sebagai tempat berlangsungnya acara.
Seminar “InternationalTrend in Children’s Book Publishing’ mengawali rangkaian acara ini. Dimulai di hari Senin, pada tanggal 23 Mei, pk.14.00, acara yang membahas trend penerbitan buku anak yang sedang berkembang di dunia internasional saat ini, berlangsung selama 3 jam. Patsy Aldana, pendiri dan editor senior Groundwood Publishing, sebuah penerbit asal Kanada, adalah pembicara untuk seminar ini. Beliau sangat aktif dalam organisasi-organisasi Kanada dan internasional. Pernah menjabat sebagai presiden dari Asosiasi Penerbit Kanada (Association of Canadian Publishers) dan merupakan presiden pendiri dari Koalisi Kanada untuk Perpustakaan-Perpustakaan Sekolah (Canadian Coalition for School Libraries), adalah salah satu dari sekian banyak di antaranya. Ia juga pernah menjadi presiden IBBY, sebuah lembaga swadaya masyarakat internasional yang mencakup organisasi-organisasi dari 72 negara yang bermisi memajukan minat baca anak. Dan, di tahun 2010, dianugerahi Order of Canada, sebuah penghargaan tertinggi dari pemerintah Kanada, atas jasanya dalam bidang buku anak. Dalam seminar ini, Patsy didampingi Ibu Murti Bunanta, ketua KPBA, sebagai moderator sekaligus penerjemah. Ia membawakan makalahnya yang berjudul “International Picture Books: Nationality, subject matter, identity, theme, format and voice-what a picture book can be”. Dengan makalah ini, Patsy berhasil membuka wawasan para peserta seminar terhadap berbagai macam buku cerita bergambar yang berasal dari banyak negara, khususn
ya dari negara-negara di Asia, Afrika, Rusia, Amerika Selatan, beberapa negara di Eropa dan juga Kanada. Tampak jelas keunikan dan variasi yang ada, mulai dari tema, gaya penceritaan, format buku sampai bentuk ilustrasinya.

Kemudian keesokan harinya, di tanggal 24 Mei 2011, berlangsung lokakarya “Making and Selecting Quality Picture Book”, dari pk.09.00-pk.16.00. Pembicara pada lokakarya ini ialah Patsy Aldana, Murti Bunanta, Suyadi, Isnaeni dan Hardiyono. Ibu Murti Bunanta selain sebagai ketua KPBA juga adalah penulis buku anak andal dan sudah lama berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan pengembangan minat baca anak, baik dalam skala nasional maupun internasional. Sedangkan Pak Suyadi, Pak Isnaeni dan Pak Hardiyono adalah ilustrator-ilustrator senior, khususnya dalam bacaan-bacaan anak Indonesia. Di hari terakhir rangkaian acara ini, seluruh peserta dibagi menjadi 20 kelompok-kelompok kecil. Tiap kelompok beranggotakan 4-6 orang dan terdiri dari penulis, editor dan ilustrator. Masing-masing kelompok pada hari itu membuat adaptasi cerita ‘What Are You Doing?’ dalam bentuk cerita bergambar menurut kreativitas tiap kelompok. Teks cerita sudah dikirimkan ke semua peserta jauh-jauh hari sebelumnya sehingga mereka dapat membuat versi adaptasinya masing-masing dari rumah. Cerita ini berasal dari Meksiko, ditulis oleh Elisa Amado dengan Manuel Monray sebagai ilustrator, dan diterbitkan oleh Groundwood Publishing. Tiap kelompok sengaja diatur agar terdiri dari berbagai profesi, khususnya penulis, editor dan ilustrator, karena sebuah buku cerita bergambar yang bermutu hanya dapat lahir jika ada kerjasama yang bagus dari ketiga profesi tersebut. Para pembicara, selain berbagi wawasan dan pengalaman kepada para peserta, juga memberi masukan kepada tiap kelompok dalam penyusunan cerita bergambar adaptasi tersebut. Setelah usai, tiap peserta dapat saling melihat hasil karya kelompok lain dan memberi penilaian.

Di akhir acara, KPBA memberikan lebih dari 40 eksemplar buku ‘What Are You Doing?’ kepada sejumlah peserta sebagai kenang-kenangan. Acara seminar dan lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan mutu karya anak bangsa Indonesia dalam buku bacaan anak khususnya yang bergenre buku cerita bergambar (picture book), tidak hanya di dalam negeri tapi juga di mancanegara. Semoga ke depannya, acara serupa dapat lebih banyak merangkul orang-orang, khususnya para penggelut dan peminat dunia bacaan anak Indonesia. (Ika Anggraeni)

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


×


×