Untaian kata sepanjang
cita-cita rentangan makna
menjalin dunia pembimbing
putra-putri semua bangsa bersama kita meninggikan harkatnya

Berita / Present News
KPBA Mendongeng di Puluhan RPTRA

Kelompok Pencinta Bacaan Anak telah selama 30 tahun berdedikasi kepada masyarakat dan anak-anak untuk meningkatkan minat baca anak dan kecintaan terhadap bacaan bermutu. Berikut adalah rekaman gambar kegiatan dan aktivitas serta dedikasi KPBA di RPTRA. Sambutan anak-anak, guru, serta pengelola RPTRA sangat menggembirakan dan antusias.

  

  

  

  

  

  

  

 
30 Tahun KPBA

Rekaman perayaan ulang tahun Kelompok Pencinta Bacaan Anak ke 30 dalam gambar.

1. Pembukaan perayaan  ulang tahun ke 30 Kelompok Pencinta Bacaan Anak.

  

Pembukaan acara 30th KPBA, Festival Bercerita dan Pameran Ilustrasi Cerita Rakyat tanggal 4 Agustus 2016 oleh Bapak Triawan Munaf Kepala BEKRAF dan Bapak Syarif Bando Kepala Perpustakaan Nasional.

Foto bersama anggota KPBA bersama pengisi acara, Kepala BEKRAF, dan Kepala Perpustakaan Nasional. 

  

Murti Bunanta sedang berkeliling dengan Bapak Triawan Munaf melihat pameran ilustrasi buku cerita rakyat terbitan KPBA.

 

2. Workshop Ilustrasi bersama Tàssies

 

3. Seminar Folktales bersama Prof. Yus Rusiana, Johnny Tjia, dan Gabriela Bracklo. 

 

4. Workshop Mendongeng bersama Uncle Fat dan Made Taro.

Uncle Fat pendongeng asal Taiwan mengajarkan banyak ilmu mendongeng termasuk berbagai tarian yang gembira. 

Made Taro pendongeng dari Bali bersama anaknya Gede Tarmada memperlihatkan bagaimana kegiatan mendongeng lebih menarik dengan iringan musik.

 

5. Fun Creative Book Binding bersama Gudrun Ingratubun.

 

6. Festival Bercerita

Festival Bercerita dibuka dengan cerita Putri Keong yang dibacakan oleh Ibu Dr. Tinia Budiati, MA selaku Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta.

 

  

Penampilan anak-anak grup Arastra dari Bengkulu memainkan musik Dol.

 

 

Uncle Fat membawakan cerita Tattadu dengan jenaka.

 

Made Taro menceritakan Anak Kucing yang Manja.

 

Gladys, pendongeng muda.

 

Sultan, pendongeng muda.

 

Larasati membawakan cerita Suwidak Loro.

 

  

Grup Wayang Serangga dari Yogyakarta.

 
KPBA dan INABBY di AFCC 2016

Terlihat dalam foto beberapa anggota KPBA dan INABBY menghadiri dan menjadi pembicara di ajang internasional di Singapura AFCC (Asian Festival of Children’s Content). AFCC menggelar berbagai seminar, pelatihan guru dan acara untuk anak-anak. KPBA dan INABBY menjadi tulang punggung persiapan Indonesia sebagai Country of Focus di AFCC 2017. Pada tahun 2016 ini, KPBA memamerkan kegiatannya melalui buku, poster, dan berbagai alat peraga yang dibuat oleh para relawan KPBA, banyak peserta AFCC yang mengunjungi booth KPBA. 

  

 
Peresmian Perpustakaan KPBA di Jogyakarta

Selain mendongeng di kereta api keesokan harinya tanggal 23 Februari 2016, ceramah tentang penulisan sastra anak. Sebelumnya Larasati mengundang seorang pengrajin pembuat mainan tradisional yang mengajarkan anak-anak membuat mainan kertas yang jarang ditemui dan dikuasai pembuatannya pada masa kini. Anak-anak terlihat antusias membaca buku dari perpustakaan setelah perpustakaan ini diresmikan.

 
Pertama Kali di Indonesia dan Langka di Dunia

Kelompok Pencinta Bacaan Anak dengan tim-nya yang sudah terlatih mendongeng di kereta api dalam perjalanan ke Jogyakarta pada tanggal 22 Februari 2016. KPBA melakukan perjalanan ke Jogyakarta dalam rangka membuka perpustakaan KPBA di Jogya yang dimiliki dan dikelola oleh anggota kami Larasati. Kegiatan mendongeng ini mendapat sambutan antusias dari anak-anak, orang tua dan turis mancanegara yang berada di kereta pada hari itu. Ibu Murti Bunanta sebagai Ketua KPBA juga memberi ceramah tentang sastra anak di depan para peserta yang antusias. Kegiatan ini juga diliput oleh berbagai media massa dan dapat dilihat di berbagai link berikut:


Channelsatu.com
Tribunnews.com


 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>

Results 1 - 9 of 68