Program Pelatihan “Penggunaan Buku Perpustakaan Secara Efektif”

Diselenggarakan di SD Kanisius Bedono
Ambarawa, 22-23 Januari 2013

Dr. Murti Bunanta kembali mengadakan pelatihan kepada guru-guru, kali ini pesertanya adalah guru-guru sekolah dasar dari 21 sekolah di Ambarawa dan sekitarnya. Guru-guru tersebut berasal dari 12 sekolah negeri dan 9 sekolah dibawah Yayasan Kanisius. Pelatihan diadakan dalam rangka HUT 80 tahun SD Kanisius Bedono, Ambarawa. Pelatihan diberi sambutan oleh perwakilan dari UPTD Pendidikan Kecamatan Jambu, Ambarawa, kemudian dibuka secara resmi oleh perwakilan Yayasan Kanisius cabang Semarang. Pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 22-23 Januari 2013.

Ibu Murti dalam pelatihan ini memaparkan banyak hal tentang bagaimana menggunakan buku perpustakaan secara efektif, karena banyak dari guru-guru tersebut yang masih bingung bagaimana agar perpustakaan mereka benar-benar digunakan secara efektif oleh seluruh elemen sekolah. Pelatihan juga diselingi oleh dongeng-dongeng yang diberikan oleh Ibu Murti dan Melly. Setelah diberi pelatihan mendongeng, para guru juga tak malu-malu untuk memperagakan dongeng tersebut di depan teman-temannya.

Di hari kedua, dibuka dengan diskusi tentang program perpustakaan sekolah serta keluhan-keluhan mereka pada pemanfaatan perpustakaan tersebut. Rata-rata dari mereka mengeluhkan tentang kurangnya gedung perpustakaan, koleksi, juga pemanfaatan koleksi yang masih kurang, baik oleh siswa maupun guru-guru sendiri. Ibu Murti banyak memberikan saran dan solusi agar permasalahan tersebut bisa dikurangi.

Acara dilanjutkan dengan pesan dan kesan para peserta mengenai pelatihan “Penggunaan Buku Perpustakaan Secara Efektif” ini. Para peserta mengaku bangga karena pelatihan ini terasa sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka juga bagi sekolah tempat mereka bekerja, mereka senang mendapat ilmu baru yang sangat berharga dari Ibu Murti, karena ini pertama kalinya mereka menjalankan pelatihan yang lain daripada yang lain, pelatihan yang menyenangkan, yang membuat mereka semangat. Bahkan keseluruhan dari mereka meminta pelatihan ditambah satu hari lagi, karena mereka rasa dua hari masih kurang untuk pelatihan yang sangat menyenangkan seperti ini.

Sesi terakhir ditutup dengan donasi buku dari Murti Bunanta Foundation, para peserta senang sekali menerima sumbangan buku tersebut. Setelah itu, SD Kanisius Bedono memberikan penghargaan berupa plakat kepada Ibu Murti sebagai kenang-kenangan karena telah memberika pelatihan kepada guru-guru di Ambarawa dan sekitarnya.

 
  • August 25, 2013
  • News

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


×


×